KEGIATAN WORKSHOP "PEMBELAJARAN MENDALAM MELALUI KEGIATAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMANFAATAN DIGITAL"


SLB Budi Asih Gombong telah mengadakan Workshop pada Hari,tanggal, Rabu, 12 November 2025 Pembelajaran mendalam melalui kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran menggunakan pemanfaatan digital oleh Ibu. Yuminah,M.Kom.

Aplikasi Slido untuk mencari assesmen awal tentang apa yang dibutuhkan.Kesimpulan "Pemanfaatan dalam pembelajaran Coding " AI" sama dengan kecerdasan buatan.

Urgensi pendidikan :

1. peningkatan kualitas SDM - Kompeten

2. Pertumbuhan Ekonomi - kontribusi pertumbuhan ekonomi

3. Pengentasan kemiskinan - pekerjaan lebih baik

4. inovasi dan penelitian - pemnafaatan teknologi 

5. berkelanjutan lingkungan

6. adaptif terhadap perubahan 

Istilah coding, instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. pengertian coding , cara komunikasi manusia dengan komputer untuk menciptakan perangkat lunak / aplikasi yang berguna dalam menyelesaikan masalah. Pembagian coding, kegiatan stimulasi sejak dini terhadap cara anak berpikir, anak berpikir kreatif.

- plugged coding adalah pakai digital

- unplugged coding adalah tidak pakai digital

penerapan : 1. pembiasaaan bagun pagi dan tidur cepat bagimana anak mengatur jam tidurnya (langkah sistematis), coding unplugged.2. pengklasifikasian benda instruksi bersyarat (contoh kategori tulis, untuk mengatur logika percabangan : alat bisa tulis (A), tidak bisa tulis (B). 3.Pengenalan Sistem input adalah alat tulis yang dikumpulkan, proses adalah klasifikasi kategori, output adalah apa isi dari A dan B.


Pemanfaatan berbagai macam AI untuk membuat suatu konten, Elemen pembagian coding dan kecerdasan artifisial , berfikir komputerial dan litersai digital.

Bagaimana konsep dasar Artifisial Generatif contoh jenis KA.

1. Chat GBT - teks 

2. Dall -E - Gambar 

3. Music M - Musik

4. Pembuat vidio dan animasi - capcut

KA berfungsi seperti personal triner memberikan panduan, memeantau kemajuan, menyesuaikan latihan berdasarkan kebutuhan individu, kemampuan sama sesuai dengan kinerja atau akun yang lebih sering dipakai.

contoh proses dengan KA, Proses belajar, penetapan target, rencana belajar, evaluasi dan umpan balik, peneyesuaiaan rencana.

Tahapan kreasi konten, 1 penggunaan mengumpulkan ide, 2 KA menghasilkan konten awal, 3 pengguna menyempurnakan konten KA, 4 Itersai dan revisi didokumentasikan.




0 Komentar