SLB Budi Asih Gombong Gelar Work Shop Pembelajaran Mendalam, Pola Pikir Bertumbuh. Pada hari,tanggal Selasa, 16 September 2025. work shop di pandu oleh Narasumber Ibu Siti Toifatun K,S.Pd dari Kepala Sekolah SD Negeri 3 Candirenggo yang di tunjuk sebagai Narasumber dari BBGTK tingkat Kabupaten Kebumen.
Kegiatan Pembelajaran Mendalam ini di hadiri oleh 16 guru ini berfokus pada Pola Pikir Bertumbuh (Growth Mindset), bahwa pola pikir akan menentukan aksi dan hasil yang diperoleh. Mindset - Action - Result.
Isi dari Penjabaran materi dari Narasumber Ibu Siti Toifatun K,S.Pd adalah Pola pikir lebih penting dari ketrampilan. Pola Pikir adalah dasar dari ketrampilan (skillret) dan alat (toolset). Pola pikir adalah kumpulan keyakinan yang menentukan cara seseorang melihat dan berfikir terhadap sebuah kejadian atau peristiwa.
Jenis pola pikir : pola pikir tetap (penuh kekhawatiran ) dan pola pikir bertumbuh.
Pola pikir murid dipengaruhi gurunya.
Cara mengubah PPT ke PPB : 1. Belajar mengenali suara PPT, 2.Sadari bahwa kita punya pilihan, 3.Berbicara kembali dengan suara PPB, 4. Diimplementasikan dengan aksi.
Prosedur intervensi pola pikir melalui komunikasi personal. 1.Berikan dorongan, 2.Berikan pujian proses, 3. Jelaskan PPT dan PPB sesuai dunia anak, 4.Jelaskan berbuat salah itu wajar.
Peran pola pikir bertumbuh kerangka pembelajaran : 1. Praktik pedagogis penggunaan pola pikir bertumbuh berguna dalam praktis untuk memvisualisasikan proses belajar melalui metode dan media pembelajaran, 2 lingkungan, 3 kemitraan pembelajaran 4. pemanfaatan digital.
Peran PPB dalam prinsip pembelajaran 1. Berkesadaran, 2.Bermakna, 3.Menggembirakan.
Peran PPB dalam kreativitas , Literasi = Comfort Zone, PPB = Fear Zone, Kreativitas = Fearming Zone, Inovasi = Growith Zone.
Pembelajaran Mendalam Momen AHA. ketika seseorang tiba-tiba berfikir. 1. DPL (Dimensi Profil Lulusan), 2. BBM (Berkesadaran Bermakna Menggembirakan ), 3. 3M (Memahami Megaplikasikan Merefleksi ) Pengalaman Belajar. 4. Kerangka PM (Pakel di gigit)
Pembelajaran Mendalam memuliakan. PM-BBM- (Olah Pikir,Olah Hati,Olah Rasa,Olah Raga) mewujudkan - DPL.
DPL dapat dicapai melalui : 1. Intrakurikuler, 2.Kokurikuler, 3. Ekstrakurikuler.
Pengalamaan belajar dilakukan bertahap untuk mencapai level PM, 1.Tahap memahami : pengetahuan presensial (dasar), pengetahuan aplikasi, pengetahuan nilai dan karakter.2.Pendalaman pengetahuan, 3.Regulasi diri.
Konsep dan Kaerangka.
1. Praktek Pedagogik- strategi dipilih oleh guru untuk mewujudkan PPL , 2. Kemitraan Pembelajaran - Lingkungan sekolah, luar sekolah, masyarakat.
Peran Siswa
Learning to cear - Metacognition, Feedback,Agency. Relationship - belonging,connection. Aspiration - expectation, needs and interest.
Peran Guru : Aktivator,Kolabolator,Pengembengan budaya belajar.
3.Lingkungan Pembelajaran -mendukung budaya belajar,optimalisasi ruang fisik,pemanfaatan ruang virtual.
kelas yang terindikasi PM:1.Murid Aktif bertanya, 2.Pertanyaan lebih berharga dan jawaban, 3.Variasi pembelajaran, 4. Hubungan eksplisit dengan dunia nyata, 5.Kolaborasi, 6.Asesmen yang transparan.
4.Pemanfaatan Digital : Perencanaan-pelaksanaan-asessmen (Menggunakan Perangkat Digital)
0 Komentar